Misteri di Balik Paket Hemat Matematika dan Fisika

matematika dan fisika

banyak orang berpikiran, matematik dan fisika itu sepaket; yang bisa matematik, bisa fisika, yang bisa fisika jago matematik.

kalo menurut gw itu salah. well, sebelumnya, postingan ini dibuat tanpa maksut apapun, Gw cumang kepingin share aja.

ya, jadi kalo menurut gw, pandangan sebagian besar orang itu salah. gak bisa dibilang salah sih, mungkin relatif. seperti yang kita tau, kemampuan setiap orang itu beda2, ga cuman kemampuan, tapi juga apa yang mereka terima dan cara mereka menerima dan apa respons mereka dan bagaimana kapasitasnya si orang itu, juga berapa banyak waktu yang mereka punya dan habiskan.


bingung? sama.

jadi mending liat contoh nyatanya. kisah (jeeeeh kisaaah~) ini diambil dari diri gw sendiri;

kalo dulu udah ada yang pernah baca postingan gw, berarti tau. tapi kayanya ga ada yang baca, so, lemme explain.

gw itu les KUMON. apa itu kumon? kumon adalah mending lo liat aja ya, soalnya gw keburu lupa apa yang mao gw tulis.

so, gw les kumon matematika (kumon ada 2; mat dan inggris) dari kelas 3sd sampe detik ini. yang mana berarti telah terhitung 6 taun lebih gw disogok soal2 (di kumon, tiap hari adalah pr). and kumon is really really work on me. sangat amat ngebantu gwlah.

kalo lagi pelajaran matematik misalnya, gw gak perlu bener2 merhatiin apa yang si guru jelasin. seakan cuma lg ngereview aja.

coba dong, lo pikir sendiri, gw tiap hari disogok soal soal, misalnya aja sehari gw ngerjain 5 lembar, sebulan udah 150. misalnya aja 1 lembar ada 8 soal (kalo soal ga tentu, rata2 segitulah), dalam sebulan gw udah ngerjain 1200 soal matematika, dalam 1 taun udah 14400 soal, dalam 6 taun udaaaah.... 86400 soal!!! *kaget*

nah. gimana gak ngelotok tuh?

gw aja yang bego kalo udah 80 rebu soal dikerjain tetep gak bisa juga.

dan di kumon, semua anak bisa mencapai level apapun. yang kaya gw bilang tadi, tergantung kapasitas dan waktu. maksutnya, anak sd misalnya, kalo dia bisa dan mau, bisa aja mempelajari integral ato trigonometri. tapi tentunya dengan ngelewatin level2 yang lebih rendah dulu.

okay okay, jadi apa hubungannya matematik dan fisika?

gw baru aja selse uts minggu ini. dan alhamdulillah, tentang matematik, gw ngerjain tanpa beban, mulus seperti pantat bayi dan tanpa hambatan seperti jalan tol. dan kemaren lusa berbuah hasil yang manis (jahhh)

seneng? iyalah, tapi menurut gw itu.... aduh.... gimana ngomongnya ya, no wonder, dengan perbandingan soal2 yang telah gw kerjain 6 taun belakangan. setimpal kan balesannya? malah menurut gw aneh kalo gw misalnya jelek, terus remet buat matematika. sekali lagi, kalo kasarnya mah: YAELAH LO BEGOK AMAT, TUH SOAL KAN UDAH BER RATUS-RATUS KALI DIULAAAANG. apalagi yang soal2 sma ini, baru beberapa bulan yang lalu gw pelajarin dan emang semuanya ada di kumon.

iya gak sih? lo mikir gitu gak kalo jadi gw?

nah, lain matematik, lain juga fisika.

oh man, belom cerita aja gw udah males ngejelasinnya. fisika gw remet. as usual. 4 indikator, ga nanggung2 44nya remet.

temen2 gw pada ngerasa aneh gitu sama gw, “lo bisa matematik kok fisika enggak sih?” yaaaa mao diapain lagi, dalem hati, gw lesnya kumon matematik doang, ga ikut kumon fisika. lol

di lain pihak, temen2 gw yang matematiknya 100, menjadi kandidat fisika-gak-remet di kelas. mereka (temen temen gw yang laennya) jadilah heran sama gw. malah ada beberapa yang nyodorin tangannya “selamat ya” bisa ngomong apa gw? yah, “makasih”

i feel like im not natural, maksut gw ke bisa an gw ini. hmmm istilahnya mah, gara2 dicekokin. kalopun gw gak les kumon, ntah apa yang akan terjadi sama matematik gw...
tapi kalo gw ambil sisi positifnya, dari kumon, gw bisa beramal ilmu matematik lebih banyak :)


gw jadi kembali berpikir lagi. oh, gw mao jadi dokter nih, kok malah kayak gini? mau jadi dokter macam apa gw ntar? dokter gak laku? dokter mal praktek? NAUDZUBILLAHI MIN DZALIK, no no, ASTAGFIRULLAHALADZIM~~

Dan semua ini bikin gw kepingin melakukan perubahan.

APA TUH, SIALAN ABIS,ILFIL AMA FISIKA. *ehemmmm. sabaaaaaaaarrrrr*

gw kepingin melakukan perubahan. pokonya fisika gw, untuk selanjutnya GAK BOLEH REMEDIAL. GW HARUS NGERTI APA YANG GURU GW OMONGIN, GAK BOLEH NGANTUK, GAK BOLEH MALES, GAK BOLEH BOSEN.

Comments

  1. jadi intinya..

    matematika ya matematika, fisika ya fisika? jadi jangan suka nyama-nyamain?

    ah, sori klo gak nyambung lg. udah malem. =P

    ReplyDelete
  2. yah begitu deh. karena semua orang selalu menganggap mereka sepaket

    ReplyDelete
  3. brr....yang manapun itu...

    ga ahli deh hehehe :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan Jejakmu

Popular posts from this blog

Tergelak di Ujung Sajak

Sekarang