bring back to justice

Just because we use cheats doesn't mean we're not smart
I don't see what anyone can see in anyone else, but you.


pernah denger lagu itu? itu ost juno judulnya anyone else but you. bagus loh lagunya, easy listening. kalo mau donlot disini.

kenapa gw tulis lagu itu? karna gw mau bahas lagu itu
kenapa gw mau bahas lagu itu? karna gw abis uts. iya, ngomong2 gw baru selsai uts yes. lega rasanya

kenapa karna gw abis uts gw mau bahas lagu itu? kenapa?

karna begini, saya prihatin dengan nasib bangsa. yaelah jiji dah bahasanya

oh ya, warning dulu, sebelum gw ngomong terlalu jauh, 2 kata dalam paragraf dibawah sudah agak menjelaskan keseluruhan isi tulisan ini. jadi sebelum lo merasa ga enak hati, langsung saja pergi dari sini sebelum terlambat. gw mungkin akan terdengar seperti orang sok tau dan sok suci dan sok dewasa sok bijak, apapun itu. ya tapi biarkanlah, kalo pengen denger lebih lanjut, silakan baca dan berkometar. kalo ngerasa tulisan ini terlalu munafik, sebelum lo selsein baca lebih baik segera menyingkir. selamat menikmati. kepahitan.


fenomena menyontek udah bukan jadi hal aneh lagi. gw sering mikir, kenapa sih harus nyontek kalo ngerjain sendiri juga bisa? yang penting kan bukan hasil, tapi proses. mungkin buat sebagian orang nyontek tuh hal biasa. tapi buat gw itu hal yang--- hm.


bukannya munafik juga bilang gw bukan salah satu oknum itu. waktu smp gw pernah, bukan bener2 nyontek juga, paling nyamain jawaban. waktu sd pun gw pernah. dan ketauan pula, dan dari situ gw belajar untuk mencoba ga pernah, menghilangkan pikiran2 setan itu dari otak gw.

dan pas sma ini, khususnya ahir2 ini gw semakin sadar (cieaw) kenapa gw harus menyontek, ngebet, nanya, kerjasama, ato apapun itu kalo emang gw bisa ngerjain sendiri? toh apa yang gw tanya sama temen gw belom tentu bener juga kan? tapi emang lain lagi acaranya kalo temenlo emang pinter di bidang itu.

tapi tetep aja men, dosa! (inget dosa juga gw?) apa lagi kalo sampe ngebet. emang sih ngebet cara yang paling wow, karna udah pasti jawaban lo bener. kecuali kalo lo terlalu wozoh sehingga pas ngebet salah liat jawaban, W-O-Z-O-H!

sumpah gw kesel banget kalo ngeliat temen2 gw ngebet. AYOLAH MEEEN JANGAN BEGITU, kalian menzolimi orang lain! gw ngapalin sampe pengen eek ngapalin, lo tinggal ngempit buku di paha dan semua beres, wow.

apalagi kalo ulangan sosiologi, kasian banget sama gurunya. udah mah tua, dikibulin mulu ama anak2. mana mirip sama nenek gw lagi, ih sedih deh.

nyontek paling sering dilakukan pas ujian, yaiyalah. pr juga sering sih, tapi kalo pr mah gaapa kali ya, kalo menurut gw pr kan buat latian, jadi gapapalah kalo kita ngeliat punya orang, dengan catatan, ngerti gitu apa yang lo salin.
tapi di kebanyakan kasus, mereka nyontek pr bukannya untuk memahami, tapi-- istilahnya mah kaya ngejiplak gambar.

engga juga sih, ngejiplak gambar masih lebih 'bagus', lo ngerti sama apa yang lo gambar. mungkin lebih tepat diibaratkan kaya orang badui ngejiplak tulisan cina. bener2 ga tau apa yang lagi lo tulis. kalo kepepet juga gw sering gitu sih.

tapi kalo nyonteknya pas ujian, banyak yang harus dipertanyakan.
jaman sekarang tehnik menyontek tuh udah ada 1001. dan itu keren banget. dari yang ngebet, ngasih kode jari 1 2 3 4 5, tulis di bagian tubuh, betis, telapak tangan, dimana pun, difoto lewat hape, sampe yang pernah gw liat, yang paling sensasionalbombastiswow yaitu tukeran lembar jawaban.

ujian tuh apa sih sebenernya? kegiatan buat menguji kita kan? menguji apa kemampuan kita udah sesui apa belom sama standar kompetensi yang dianjurkan. ulangan juga sama, namanya ulangan ya berarti mengulang.

kalo pas ujian, ulangan, tes, ato apapun jenisnya itu lo nyontek, manaaa, mana esensi dari pengetesan itu sebenernya? sadar dong.

kok gw sok menggurui gini sih jadinya, yah maaf deh ya, namanya juga unek2

yaudah, mulai sekarang buat yang masih suka mesontek, cobalah untuk berhenti. buat yang suka tengok kanan kiri mencari bantuan, try to help yourself.

maaf ya buat yang tersungging. tapi keadilan harus tetap ditegakkan. jangan jadi pendukung gerakan korupsi untuk masa depan. SADAR.

oh ya, quote of the day (serta sebagai klimaksnya): "Kalau masih nyontek juga, mending ga usah sekolah aja. Kamu beli aja tuh kunci. Bereskan?! Atau ga usah sekolah, biar ga ada ujian-ujian, beli aja tuh gelar, selesai urusan. Biar gelar master tapi kepala ga ada isinya, ya siap-siap aja diremehin orang.."-from here

itu menurut saya, kalo kamu?


*artikel senada:

Comments

  1. setuju banget deh pingko!
    aku juga udah eneg tiap ulangan pasti liatin anak'' pada nyontek. tapi lebih geuleuh lagi kalau mereka- mereka pada nyonteknya ke aku.
    aduh ya kalo gamau nilai jelek belajar aja kek, ga perlu nyusahin orang.
    aku setuju tuh sama tulisan di paragraf terakhirnya. mending beli aja gelar sekalian kalo masih nyontek terus kayak gini.

    ReplyDelete
  2. iya, kalo dia nanya kan ga enak juga kalo ga dikasih tau, kesannya gimana gitu kan.
    basmi sontek menyontek! tegakkan keadilan! hidup!

    ReplyDelete
  3. wah wah....
    sebnya aku uga gak s7 ma contek menyontek tapi apa daya,,,,
    contek menyontek sudah menjadi tradisi bagi pelajar pa lagi di indonesia,,,,
    itu tak kan mudah lepas begitu saja
    aku juga males sie
    lau aku males nyontek yadah aku males cih tau yang laen,,, en aku gak akan nyontek tapi lau age mau nyontek ya abis"an nyonteknya
    hahaha
    dasar payah....

    ReplyDelete
  4. MANTAP!
    setuju banget mameeen kekeke

    apalagi anak anak kelas gw, yang kalopun mau ulangan masih aja ogah baca buku
    yah, palingpaling baca... JUDUL BUKUnya doang zzz -_-

    dan yang bikin gerah,
    kalo ada soal yang dari buku dan mereka ga ngerti, MEREKA LANGSUNG PROTES SAMA GURU NYA, pokoknya banyak bacot deh urrggg
    kadangkadang malah sang guru saking 'ga tega'nya langsung ganti tuh soal jadi yang lebih mudah padahal gw udah mikir susahsusah

    malah murid2 kelas gw jg ga sedikit yang ngandelin REMEDI atopun TUGAS TAMBAHAN

    betul, yang paling penting itu PROSESnya,
    betul, ujian itu yaaaa NGUJI! di UJI! menguji kemampuan sendiri, bukan kemampuan orang lain!

    mikir dong, MIKIR! apa gunanya ujian kalo kita semua nyontek?

    sekolah itu kan supaya kita ngerti, supaya kita dapet ilmu/wawasan tambah luas, bukan buat dapet NILAI!

    sori jadi kebawa emosi hehe soalnya gw juga gerahhh pengen gampar satusatu tuh orang yang hobi nyontek di kelas zzzzz

    ReplyDelete
  5. gue mau nambahin nih vins hehe.
    gimana kl misalnya nih kdg orang itu kan mencuri bukan krn dia pengen mencuri, tp krn keadaannya yg memaksa dia berbuat kyk gitu.
    kasus nyontek ini (kata gue) kurang lbh sama kyk gitu hehe. orang yg pinter gampang aja gak nyontek. wong udah pinter, apa yg mau dicontekin?
    nah gimana kl yg retarded (bahasa halusnya; kurang pinter) macem gue gini? kadang ada kan org yg udah belajar sungguh2 tp tetep ga bisa-- sementara org lain gak mau ngehargai proses kita yg udh belajar sungguh2 itu. (well, tau sendiri kan org indo suka menilai sesuatu dgn angka)

    eh maaf nih vins gue jd panjang bgt ngetiknya. peace \/ ;D

    ReplyDelete
  6. wahh pingko ngebahas ttg nyontek... ebad tenyata ada juga yg sebel klo liat tmnnya nyontek.. aku berbicara sbg seorang guru hehehe ^^.. krn aku plg bete klo mrk ga mw usaha bljr n menganggap dg nyontek smua urusan sls..
    Terlalu srg nge-gepin mrk nyontek d buku, suka aku geplak aj pk buku hehehe.. sebel..

    Budayakan jgn pernah nyontek.. cm bikin org bodoh n males aja.. ga baek buat kesehatan hahaha...

    MIss u pingko...

    ReplyDelete
  7. @akane
    *(cozy) mau komen juga ahirnya hihihi
    nah sekarang tugas kita, gimana caranya membasmi tradisi itu. mungkin salah satu caranya adalah dengan mulai 'memberhentikan' tradisi itu dari diri kita sendiri. inget dong kata aagim *apa yah, kalo ga salah sih* mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang. woo-hoo, semangat.


    @nissa
    wessss tosssss (drinking) mantap da ah

    @dinda
    tenang aja, ada yang lebih panjang dari lo kok *lirik nissa* heheheh
    enggak juga, nyontek bukan karna 'keadaan yang memaksa' juga. kalo menurut gw, itu lebih karna mental mereka. mungkin karna gak siap, ato terbiasa perfect dan ngerasa 'ada yang kurang' kalo nilai mereka yang biasanya bagus tiba2 jadi jelek. jadi ga semua orang yang udah bener2 pinter ga nyontek. sekali lagi, lo bilang itu karna keadaan ang mendesak, dan perlu diinget lagi, semua orang punya kelebihan dan kekurangan di mata pelajaran tertentu. kalo lo liat dari sisi dia 'pinter', pinter dalam apa dulu. dan saat di mata pelajaran yang dia bisa tiba2 jadi 'membego' disitulah mental bicara (yaampun gila, bicara men, bahasa gw). apa yang dia pilih? berusaha tetep 'memintarkan dirinya' dengan cara instan itu, apa terima nasip dan usaha aja sebisanya. namanya juga usaha. kalo hasil ternyata ga sama dengan apa yang dipengenin ya itu urusannya beda lagi. mungkin bisa cari alternatif lain, les kek, apa kek gitu.
    dan buat yang udah bener2 kebiasaan banget nyontek(insya Allah bukan golongan kita deh ya itu, huek) dipelajaran apapun dia cari cara buat melakukan itu. nah buat dia ini sih menurut gw dia belom nemuin dimana kemampuan dia sebenernya. ga mungkinlah kalo dipikir2 dari berapa belas pelajaran(berapa? 17 ya?) masa satupun ga ada ayng dia kuasain? dan kenapa dia ga nemuin hal itu? karna setiap mau ulangan dia selalu ngandelin buku, orang, bantuan, ato apapun itu. bisa aja ternyata pelajaran yang dia selalu "open book" (baca: ngebet) malah merupakan (cie merupakan) pelajaran yang sebenernya bisa dia kuasain, tapi karna usaha buat ngapalinnya itu ga ada.
    gw pernah baca di salah satu blog, bahwa ga ada orang yang bego, yang ada orang males. yah seperti kita ini, kebanyakan males dan ngeluhnya, jadi ga maju2. hahahah, semoga sama2 bisa berubah jadi lebih baik, amin. maap ya buset panjang kaya pidato. :D semangat\^0^/

    @buguru
    betulllllll ayah aku juga bilang gitu hahaha.
    iya, bentuk gerakan ANTI NYONTEK, buguru pemimpinnya. hahaha.
    wes harapan besar ya buat indonesia, cari pelajarnya yang bener2 murni belajar, bukan buat cari gelar aja. hihihi miss you too

    ReplyDelete
  8. wa.... ~~~~~
    Anyone Else but you ya???
    Aku suka banget tuh... ^*^

    pertama denger sih.. dari film juno...
    udah liat ???
    Keren lagunya..
    "You're the part time lover and full time friends.... The monkey on your back is the lattest trends... i dont see what anyone can see.. in anyone else... "
    gila mendadak... Wahahah.. (LOL)

    ReplyDelete
  9. @niken aku malah belom nonton juno, cuman suka sama lagu2nya kimya dawson :D

    ReplyDelete
  10. it's ok , selama nyontekya bagi2 ke saya juga,
    saya gak akan sewot ,
    hahahahaha
    *dibakar pingko*

    ReplyDelete
  11. *bengong---terperangah melihat betapa panjangnya entri kamu.bacotnya yang sepanjanga alaihim.hebatt.dan juga komen balesan kamu yang rada ogah buat dibaca,,ahahah*


    kalo aku..yahh sebel lah ngeliatnya.apalagi aku adalah korban dari pencontekan tersebut.(tapi saya gak nyontek di TF 2 ini.males.lagian saya yakin sama jawaban saya.duileeh).saya selalu diancam oleh teman saya 'nengok-nengok ya put,gw gak bisa nih'.dalam hatipun ku berpikir.kalo gak bisa kenapa gak belajar dari dulu-dulu?kenapa waktu itu bukan belajar malah ngobrol2?hiyyyyaaaak.gw tabog dah lo.malah ketawa ditanya begitu.


    alhasil saya pun pura-pura belom selesai ngerjain soal,tidur,gak denger,apa kek kalo dipanggil2.tapi berhubung gw baik (apa jahat yah,membiarkan temen jadi benga?)gw ma ngasih tw buat plajaran apalan.buat pelajaran itung2an,,ahahah a BIG NO.mikir aja ndiri.gw ngitung muter-muter ampe kalimantan,elu tinggal nanya gw terus buletin jawabann?dan berakhir dengan remetnya gw dan tuntasnya elo?terus elo ketwa seneng dengan ketuntasan elo?terus elo bilang 'maap ya put gw gak bisa bantu'.

    yeahh.whatever.Allah tau semua..

    ReplyDelete
  12. ehm,
    lo baca kata-kata yg atas dulu gak?
    ato jgn2 lo cma baca kalimat yang paling bawah doang??

    ReplyDelete
  13. astagfirullaaaah, astagfirullah... yaiyalaaaah

    ReplyDelete

Post a Comment

Tinggalkan Jejakmu

Popular posts from this blog

Tergelak di Ujung Sajak

Sekarang